Pendaftaran SUP Semester 121 (Sedang Proses Update sampai akhir Agustus 2024)

Image
Prosedur Pendaftaran dan Pelaksanaan SUP Secara Luring ( Semester 121 ) Download:   Pedoman Penulisan Skripsi >> Klik Disini ******************************************* Info Jadwal Pendaftaran dan Pelaksanaan SUP Semester 121   SUP untuk semester 121 direncanakan dilakukan dengan perkiraan jadwal (tentatif) sebagai berikut: 1.    Minggu ke IV Agustus 2024  2.     Minggu ke II September 2024 3.     Minggu ke IV September 2024 4.     Minggu ke II Oktober  2024 5.     Minggu ke IV Oktober 2024 Batas pendaftaran SUP paling lambat untuk semester 121 adalah minggu ke 3 Oktober 2024. Catatan : Jadwal dapat berubah sewaktu waktu, tergantung kegiatan prodi.  Apabila ada perubahan maka akan diberitahukan kembali. ******************************************** A. Persyaratan dan Ketentuan Um um SUP Mahasiswa dapat maju untuk Seminar Usulan Penelitian (SUP)  apabila:  Mahasiswa berstatus akademik aktif pada semester 121, dan mengisi SUP pada KRS semest

Prosedur Pelaksanaan Sidang Skripsi Secara Luring Semester 117



 

Daftar link penting pada halaman blog ini: 

·      Link pencarian jurnal terindeks Sinta>>  klik disini

·      Link form kelengkapan pendaftaran >> klik disini (Akan di update 7 Januari 2023)

·      Link download lembar saran dan nilai (lembar nilai diperlukan apabila ada dosen yang meminta)   >> klik disini

 

   Sidang Skripsi

Sidang skripsi 117 dilakukan secara luring di prodi pendidikan khusus pada akhir Januari 2023 sd awal Februari 2023. 

      A.  Ketentuan Umum Sidang Skripsi

  1. Mahasiswa sudah menyelesaikan penelitian dan penulisan naskah skripsi Bab I sd BAB V, serta lampiran lampiran/dokumen yang diperlukan.
  2. Melampirkan Acc revisi SUP dari semua dosen dewan penguji SUP
  3. Melampirkan Surat Keterangan Sudah Melaksanakan Penelitian dari Sekolah/Lembaga tempat penelitian
  4. Mahasiswa sudah  mendapat persetujuan yang sudah ditandatangan dosen pembimbing I dan Dosen Pembimbing II serta Korprodi.  Lembar persetujuan harus dalam satu lembar
  5. Artikel skripsi sudah mendapat persetujuan pembimbing. Artikel sudah dikirim (submit) untuk tujuan publikasi ke jurnal yang yang terindex SINTA (minimal Sinta 6), yang disepakati dengan dosen pembimbing. Untuk menemukan Jurnal terindeks SINTA
  6. Mahasiswa melampirkan bukti submit artikel pada bagian belakang Skripsi.  (Baca tentang bukti submit artikel pada bagian bawah blog ini)
  7. Bagi yang penelitian KI , sudah mengajukan permohonan HKI untuk produk media/atau produk lainnya, di tandatangan mhs, dosen pembimbing I dan dosen pembimbing II

      B.  Tahap Pra-Pendaftaran

Tahap pra pendaftaran dibuka mulai tanggal 7 Januari 2023. 

Mahasiswa wajib melakukan pra-pendaftaran cukup melalui email: seminar.pkh@gmail.com.  dengan prosedur sbb: 

>> Menuliskan pada subjek email: Prapendaftaran sidang skripsi

>> Isi Email Pra pendaftaran sbb:

Dengan hormat,

Bersama ini saya mengajukan pra-pendaftaran sidang skripsi 117:  

  1. Nama Mahasiswa :
  2. Judul Penelitian :
  3. Nama Dosen Pembimbing I:
  4. Nama Dosen Pembimbing II:

Bersama ini saya lampirkan link Google Drive dengan file PDF berikut (4 dokumen wajib pra pendaftaran) sbb :  

  1. Draf naskah skripsi Bab I -V dan Lampiran (Dalam 1 File PDF) (contoh https://drive.google.com/drive/my-drive00099766i).  Untuk Pra-Pendaftaran Mhs tidak wajib mendapatkan Acc Dosen Pembimbing 
  2. Surat Keterangan Sudah Menyelesaikan Penelitian dari sekolah atau instansi tempat pelaksanaan penelitian
  3. KRS 117 (TTD PA boleh Scan)
  4. Pra-transkrip yang di ttd oleh dosen PA (Boleh TTD Scan).
Pernyataan:  Dengan ini saya menyatakan bahwa semua dokumen yang saya lampirkan adalah benar, apabila ternyata tidak benar, maka saya bersedia menanggung segala resiko/sangsi.

----------------

Catatan:

>> KRS dan Pra Transkrip cukup di ttd oleh Penasehat Akademik (PA), dan tidak perlu ttd Kaprodi. Ttd boleh secara scan/online, dan wajib langsung dari Dosen ybs.

>> Draf naskah skripsi wajib ada Bab I sd Bab V, dan lampiran lampiran skripsi, dalam 1 file PDF.  Untuk pra pendaftaran, tidak wajib di acc oleh dospem). 

>> Setelah melakukan pra-pendaftaran, selanjutnya mahasiswa menunggu balasan melalui email, silakan cek secara berkala,  setiap hari. Apabila setelah lebih dari 2 hari mahasiswa tidak mendapat respon, maka cek kembali persyaratan dan format pra_pendaftaran di blog, apakah sudah sesuai dengan ketentuan/format atau belum.  Silakan diulang/dilengkapi apabila belum sesuai

>> Mahasiswa yang sudah mendapat ACC lembar pengesahan dari dospem, dan sudah siap dengan semua dokumen syarat sidang skripsi dapat melanjutkan ke tahap pendaftaran sidang skripsi luring, setelah menyelesaikan pra-pendaftaran.


      C.  Tahap Pendaftaran untuk Pelaksanaan Sidang Skripsi Luring


 Menyiapkan naskah skripsi lengkap dengan lampiran, dan mengisi Link Kelengkapan Pendaftaran
  1. Mhs membaca dan mencermati prosedur pendaftaran sidang skripsi
  2. Mahasiswa menyiapkan naskah Skripsi lengkap yang terdiri dari :

    1. A. NASKAH SKRIPSI
    2. (a)  cover, halaman pengesahan  ttd basah, dan BAB I sd V
      (b) Semua Lampiran lampiran Skripsi sbb: 
        (1) Surat Izin penelitian : Klik Disini 
        (2) Surat keterangan telah melaksanakan penelitian, 
        (3) instrument Penelitian, 
        (4) catatan lapangan,  
        (5)  foto dokumentasi lainnya 
        (6) dan lain lain sesuai dengan jenis penelitiannya
        (7)  Lembar saran dosen setelah SUP (sudah di TTD ACC)

  3. Mhs menyiapkan PPT presentasi (waktu untuk presentasi = 9 menit). >>(Save file PPT : 117 Nama Mhs_PPT, contoh: 117 Savira_PPT)
  4. Menyiapkan artikel (Save file PDF: 117 Nama Mhs_Artikel, contoh: 117 Savira_Artikel)
  5. Menyiapkan bukti submit artikel (Save file PDF: 117 Nama Mhs_buktisubmitart, contoh: 117 Savira_buktisubmitArt)
  6. Menyiapkan bukti submit HKI (Save file PDF: 117 Nama Mhs_bukti submi tHKI, contoh: 117 Savira_buktisubmitHKI)
  7. Mhs mengupload file file pada poin no 2 sd 6 di atas, (yakni: (a)   Skripsi lengkap (b)   PPT Presentasi, (c) Artikel (d) bukti Submit artikel (e) Bukti submit HKI. Semua file tsb diupload pada folder Google Drive (Save  Folder : BulanTahun Saat pendaftaran_ Nama Mhs_FolderSkripsi117, contoh: Agustus2023_Savira_Folderskripsi117)
  8. Mhs mengatur/setting share link folder google drive (agar bisa diakses), dan setting share link setiap file pada folder tsb
  9. Mahasiswa mengisi Form Kelengkapan Pendaftaran Sidang Skripsi pada link >> Klik Disini  (update 6 Januari 2023)

      C.  Teknis Pendaftaran  



Tahap 1:   Pendaftaran dengan menyerahkan Hardcopy 
  1. Mahasiswa menyiapkan naskah lengkap skripsi yang dijilid sebanyak 5 eksemplar (naskah harus lengkap dengan semua lampiran, sesuai poin C di atas). Hard copy harus jelas dan rapi
  2. Mhs menempelkan Label pada sudut kanan cover naskah hardcopy skripsi yang sudah diserahkan ke TU Prodi.  Pada label dituliskan;  (a) Nama Dosen Lengkap dengan gelar, (b) peran dalam sidang, (c) tanggal sidang,  (d) Jam Sidang. Untuk tanggal dan sidang dikosongkan dan diisi setelahmendapat jadwal sidang    
  3. Mhs mendaftar melalui TU Prodi dan mengisi Buku Pendaftaran yang di acc kelengkapannya oleh TU Prodi Pkh
  4. Mhs memfoto lembar buku pendaftaran yang sudah di acc TU (foto harus jelas dan rapi, dan dilampirkan nanti untuk link kelengkapan pendaftaran New 


     D.  Persiapan Setelah Mendapat Jadwal Sidang Skripsi 


     Pendistribusian Naskah Skripsi
  1. Hardcopy: Hardcopy yang sudah didaftarkan dan sudah diberi label,  didistribusikan ke dosen di prodi Pkh (Tempat meletakkan skripsi untuk masing masing dosen akan  diinfokan kemudian).  Distribusi hardcopy: dilakukan pada hari yang sama dengan diumumkannya jadwal sidang.
  2. Selain menyerahkan hardcopy naskah skripsi lengkap pada saat pendaftaran di TU Prodi, mahasiswa juga mengirimkan softcopy naskah skripsi lengkap dan PPT kepada dewan sidang (ketua sidang, dosen pembimbing dan dosen penguji).  Naskah skripsi lengkap dan PPT dikirim pada hari yang sama dengan hari diumumkannya jadwal Sidang.  Distribusi soft copy: pada hari yang sama dengan diumumkannya jadwal sidang.
  3. Apabila ada keterlambatan harus mendapat persetujuan KPS.  
  4. Penjadwalan Sidang Skripsi dapat dibatalkan apabila mahasiswa tidak mendistribusikan hardcopy dan tidak mengirim softcopy sesuai ketentuan di atas
Menyiapkan/Membawa Media yang digunakan
Pada saat sidang skripsi, mahasiswa diharuskan membawa media/produk yang dikembangkan, atau media alat atau bahan bahan  yang digunakan dalam penelitian, baik penelitian KI, PTK, SSR dan penelitian lainnya apabila menggunakan suatu media/alat/bahan.

Menyiapkan Lembar Saran Dosen untuk Sidang Skripsi

  1. Mahasiswa mendownload Form Saran, dan  Form Nilai, pada link DOWNLOAD Sidang skripsi> Klik Disini
  2. Mahasiswa mencetak (print out) lembar saran sebanyak 6 (satu untuk cadangan)
  3. Mahasiswa mengisi melengkapi form saran (identitas, judul, nama dosen dll), sesuai jumlah dosen
  4. Penguji pada sidang skripsi adalah sama dengan penguji pada saat pelaksanaan SUP
  5. mhs diharuskan menyiapkan print out lembar nilai, Form nilai digunakan apabila ada dosen yang menghendaki, 

     E.  Prosedur pelaksaanaan Sidang Skripsi  Secara Luring

  1. Pakaian : Formal.  Laki laki : kemeja putih, dasi dan jaket almamater, sepatu ; Wanita :  kemeja atau atasan putih, jaket almamater dan kerudung hitam untuk yang berkerudung, sepatu (penampilan formal, rapi dan sopan)
  2. Semua mahasiswa yang sidang dalam hari yang sama, berkoordinasi melakukan setting PPT dalam dua laptop  (satu untuk cadangan)
  3. Semua Mahasiswa yang sidang di hari tersebut hadir jam 8 pagi, dan setting LCD dan Laptop yang sudah lengkap PPT nya
  4. Mahasiswa menyerahkan lembar saran kepada dosen pada saat dimulainya sidang
  5. Mahasiswa mempresentasikan hasil penelitian dengan mengikuti arahan ketua sidang


     F.  Setelah Sidang

  1. Mahasiswa mendapatkan lembar saran hasil sidang skripsi dari setiap dosen dari dewan sidang
  2. Mahasiswa melakukan revisi skripsi berdasarkan lembar saran dari dosen
  3. Mahasiswa mendapat persetujuan untuk lembar pengesahan skripsi

BENTUK BUKTI SUBMIT ARTIKEL:

Terkait pemilihan jurnal dapat berkonsultasi dengan dosen pembimbing, dan teknis pengiriman artikel dapat di pelajari pada jurnal yang dipilih.  
Bukti submit artikel bemacam macam tergantung jurnalnya.  Berikut contoh bukti submit artikel yang mungkin diperoleh ketika melakukan mengirim atau submit artikel.  
(1) Ada jurnal yang memberikan bukti berupa respon bahwa artikel sudah di submit, untuk mhs melampirkan respon tesebut.
(2) ada juga jurnal yang memberikan bukti dalam bentuk komunikasi email.  Jika bukti berbentuk email, mhs dapat melampirkan screenshoot email tsb dan di acc (ttd)  oleh Dospem I.


Bukti Pengajuan HKI
Surat permohonan pengajuan HKI, sudah di ttd mhs, Dospem I dan Dospem II. 


*****



Comments

Popular posts from this blog

Pendaftaran SUP Semester 121 (Sedang Proses Update sampai akhir Agustus 2024)

Prosedur Sidang Skripsi (Semester 119) _ (Sedang Proses Update)

Prosedur Pendaftaran Sidang Skripsi Smt 121 Khusus Oktober 2024 (Dalam Proses Update sampai Oktober 2024)