Prosedur Pendaftaran dan Pelaksanaan SUP Secara Luring*
A. Persyaratan dan Ketentuan Umum SUP
Mahasiswa dapat maju untuk Seminar Usulan Penelitian (SUP) apabila: - Mahasiswa berstatus akademik aktif pada semester 117, dan mengisi SUP pada KRS semester 117
- Mahasiswa sudah menyelesaikan mata kuliah minimal sebanyak 125 SKS.
- Sudah menyelesaikan penulisan proposal (BAB I sd BAB III)
- Sudah mendapat persetujuan yang sudah ditandatangan dari dosen pembimbing I dan Dosen Pembimbing II serta Korprodi. Untuk mendapat Persetujuan dari Koorprodi, mhs harus melampirkan Lembar persetujuan/pengesahan yang sudah di tandatangan oleh kedua dosen pembimbing.
- Semua tanda tangan dosen (dosen pembimbing I, dosen pembimbing II dan Korprodi) harus berada pada lembar yang sama sesuai format yang sudah ada. Contoh Format Lembar persetujuan dapat di download pada link
B. Teknis Pendaftaran SUP
Persiapan naskah dan kelengkapan lainnya
- Mhs membaca dan mencermati prosedur pendaftaran SUP
- Mahasiswa
menyiapkan naskah proposal lengkap: mulai dari cover, halaman persetujuan / pengesahan dospem dan Koorprodi, Daftar Isi, BAB I sd BAB III (dan lampiran jika ada), >> (Save file PDF: BulanTahun Saat pendaftaran_ Nama Mhs_Proposal Lengkap, contoh: Agustus2022_Savira_Proposal lengkap)
- Mhs menyiapkan
PPT presentasi (waktu untuk presentasi = 7 menit). >>(Save file PPT : BulanTahun _Nama Mhs_PPT)
- Menyiapkan Pasfoto >>(Save
file: BulanTahun_Nama Mhs_Foto)
- Menyiapkan softcopy KRS semester 117 dan DHS terbaru (Save file PDF : BulanTahun_Nama Mhs_Krs_Dhs)
- Mhs mengupload file file pada poin no 2 sd 3 di atas, (yakni: (a) Proposal lengkap (b) PPT Presentasi, Semua file tsb diupload pada folder Google Drive (Nama Folder : Nama Mhs_A FolderSUP)
- Mengupload KRS_DHS dan Foto pada pada folder google drive (Nama Folder: NamaMhs_B Krs_DHS_Foto
- Mhs mengatur/setting share link folder google drive (agar bisa diakses).
- Semua file pada folder harus bisa diakses, pendaftaran baru bisa tercatat apabila semua file pada folder google drive dapat diakses.
Teknis Pendaftaran dengan menyerahkan Hardcopy dan mengisi link
- Mahasiswa menyiapkan naskah lengkap proposal yang dijilid sebanyak 5 eksemplar (naskah harus lengkap dengan semua lampiran, sesuai poin B di atas). Hard copy harus jelas dan rapi
- Mhs mendaftar melalui TU Prodi dan mengisi Buku Pendaftaran SUP yang di acc kelengkapannya oleh TU Prodi Pkh (Foto Buku Pendaftaran dan tanda acc TU)
- Mhs menyerahkan 5 eksemplar naskah skripsi kepada TU Prodi PKh
- Mhs menyerahkan 1 fotocopy KRS Semester 117, dan 1 pra transkrip terbaru, yang di ttd Dosen Penasehat Akademik. KRS dan pra transkrip ditempatkan pada bagian atas pada salah satu naskah skripsi (dibawah cover plastik)
- Mhs memfoto lembar buku pendaftaran yang sudah di acc TU (foto harus jelas dan rapi, dan dilampirkan nanti untuk link kelengkapan pendaftaran
- Mahasiswa mengisi Form Kelengkapan Pendaftaran SUP pada link >> Klik Disini New
- Mahasiswa melakukan konfirmasi pendaftaran melalui Email: seminar.pkh@gmail.com , dengan menuliskan subjek Email : DAFTAR SUP. Isi email : (a) Nama mhs, (b) NIM, (c) Judul proposal, (d) Nama Dospem I dan (e) Nama Dospem II. (Mhs tidak perlu mengupload dokumen proposal pada email)
- Mahasiswa mengecek email secara berkala dan menunggu penjadwalan SUP dan susunan penguji
- Setelah jadwal SUP dikeluarkan, mhs melengkapi penulisan Label sebelum hardcopy proposal didistribusikan kepada dosen. Mhs menempelkan Label pada sudut kanan cover pada setiap naskah hardcopy proposal yang nantinya akan didistribusikan kepada dosen. Label ditulis setelah mahasiswa mengetahui jadwal sidang dan susunan penguji. Label yang ditulis sesuai untuk masing masing dosen yang ditentukan. Pada label ditulis: (a) Nama Dosen Lengkap dengan gelar, (b) peran dalam sidang, (c) tanggal SUP, (d) Jam.
Penting:
Untuk bisa dijadwalkan, pastikan saudara sudah melengkapi semua syarat dan sudah mengisi link kelengkapan pendaftaran SUP dengan benar.
C. Persiapan SUP
Persiapan setelah penentuan Jadwal SUP
- Mhs mendownload Format Saran, Format Nilai pada link DOWNLOAD
- Setelah mengetahui jadwal dan susunan penguji, mahasiswa mengisi identitas diri dan nama dosen pada setiap lembar saran dan nilai, safe file diberi nama sbb:
Form Untuk SUP:
Pendistribusian Softcopy dan Hardcopy Naskah Proposal, Lembar penilaian dan Lembar Saran
Softcopy:
- Mahasiswa mengirim softcopy file berikut kepada Dewan Penguji (Ketua Sidang, Dospem, Dosen Penguji): (a) naskah skripsi lengkap, (b) PPT presentasi
- Pengiriman file pada poin 1 di atas dilakukan pada hari yang sama dengan dikeluarkannya jadwal SUP. Apabila ada keterlambatan harus mendapat persetujuan KPS.
Hardcopy:
- Hardcopy naskah proposal dilengkapi dengan label nama setiap dosen (sesuai contoh label di atas)
- Hardcopy naskah proposal didistribusikan kepada dosen di prodi Pendidikan Khusus, pada hari yang sama dengan pengumuman jadwal, atau paling lambat H+1 pengumuman jadwal atas persetujuan KPS
- Penjadwalan SUP dapat dibatalkan apabila mahasiswa tidak mengirim dan mendistribusikan pada waktu yang sesuai dengan ketentuan di atas
D. Pelaksanaan SUP Luring
- Pakaian : Formal. Laki laki : kemeja putih, dasi dan jaket almamater; Wanita : kemeja atau atasan putih, jaket almamater dan kerudung hitam untuk yang berkerudung
- Mahasiswa siap untuk hadir minimal 2 jam sebelum jadwal SUP
- Mahasiswa menghubungi ketua sidang dan menyatakan kesiapan untuk melaksanakan SUP
- Mahasiswa mendistribusikan lembar saran dan lembar penilaian kepada dosen sebelum SUP dibuka oleh pimpinan sidang
- Ketua sidang akan memimpin pelaksanaan SUP, mahasiswa mengikuti
arahan ketua sidang pada saat pelaksanaan SUP - Mahasiswa mempresentasikan proposal penelitian selama 10 menit
- Mahasiswa mencatat komentar dan saran dari tim penguji
E. Pelaksanaan SUP Daring (hanya berlaku pada kondisi pandemi )
- Mahasiswa menyiapkan tempat/ruang yang kondusif untuk pelaksanaan SUP
secara daring (mengantisipasi segala gangguan yang memungkinkan, antara lain tidak berisik, tidak ada latar belakang lalu lalang) - Mahasiswa siap dengan PPT dan siap untuk presentasi (maksimum 7 menit)
- Mahasiswa menyiapkan perangkat dan Aplikasi Zoom dan kuota internet yang mencukupi dan dengan kecepatan yang memadai.
- Mahasiswa disarankan untuk menyiapkan perangkat cadangan untuk kelancaran SUP (PC, Laptop, HP)
- Untuk kelancaran SUP, minimal sehari sebelumnya, mahasiswa melakukan test ujicoba Zoom serta mengenal teknis presentasi menggunakan PPT melalui aplikasi tersebut, kestabilan dan keterarahan kamera (tidak miring dan goyang).
- Mahasiswa menggunakan foto profil sendiri, sopan dan rapi, dan menggunakan nama yang lengkap pada akun Zoom
- Mhs tidak menggunakan virtual background untuk aplikasi meeting, kecuali bila background diberikan oleh KPS
- Mahasiswa menyiapkan hal hal lain yang berkaitan dengan kelancaran SUP
- Apabila ada kendala untuk presentasi secara daring maka SUP akan ditunda pada hari lain atau gelombang berikutnya.
F. Setelah SUP
- Mahasiswa mendapatkan lembar saran hasil SUP dari setiap dosen tim penguji
- Mahasiswa melakukan revisi berdasarkan lembar saran tertulis maupun lisan dari dosen
- Mahasiswa dihimbau menyerahkan revisi proposal paling lambat 2 minggu setelah SUP. Mahasiswa yang tidak menyerahkan hasil revisi dalam waktu yang disarankan, dapat terlambat untuk pelaksanaan tahap berikutnya.
- Mahasiswa mendapat persetujuan untuk lembar persetujuan revisi setelah revisi disetujui (download lembar persetujuan revisi)
- Lembar persetujuan disimpan baik baik untuk selanjutnya akan dilampirkan pada naskah skripsi untuk sidang skripsi
- Mahasiswa diharuskan mengurus surat izin penelitian. Salah satu syarat untuk mengurus izin penelitian adalah melampirkan lembar persetujuan revisi SUP, yang sudah ditandatangan oleh dewan sidang SUP (untuk infomasi prosedur izin penelitian dapat menghubungi TU Prodi PKH)
- Setelah melakukan penelitian mahasiswa meminta SURAT KETERANGAN TELAH MELAKUKAN PENELITIAN , dari sekolah atau lembaga lainnya dimana penelitian dilakukan, sesuai format yang ditentukan. Untuk format surat KLIK DISINI
******************
Form Untuk SUP:
(Google Drive)
(Untuk dapat mendownload disarankan login terlebih dahulu pada akun Google masing masing)
Catatan:
- Info dan prosedur dapat berubah atau di update sewaktu waktu. Mahasiswa dapat cek prosedur pada halaman blog ini secara berkala
Comments
Post a Comment